Sabtu, 17 Oktober 2015

Bawal Bumbu Kuning


Masih dalam rangka pekan bawal....., hasil mancing si ayah yang lagi hoki. Kali ini bawalnya dimasak bawal bumbu kuning, bumbunya seperti bumbu acar kuning. Gurih...manis...aroma bawangnya....arma kunyitnya... hhmmm endess juga ini, bikin nafsu makan tidak terkontrol.


Yang ngences...mari aku tunjukkan resepnya...


BAWAL BUMBU KUNING
By. Retno Setiyaning

Bahan:
4 ekor ikan bawal potong-potong, bumbui dan goreng hingga kering

Bumbu Kuning:
5 butir  bawang merah, rajang halus
5 buah cabai merah, rajang serong tipis
5 buah cabai hijau, rajang serong tipis
3 buah cabai rawit merah, rajang serong tipis
1 batang serai, potong pendek-pendek
5 lembar daun jeruk
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt gula jawa 
air secukupnya

Bumbu Halus:
10 butir bawang putih
5 butir kemiri
2 cm kunyit
1 ruas jahe
garam secukupnya

Cara Memasak:
1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, tambahkan semua cabai, aduk hinga harum dan cabai sedikit layu.
2. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, aduk rata hingga harum. Tambahkan  air, gula jawa, air jeruk nipis. Aduk dan masak hingga meresap. Test rasa ya...
3. Masukkan ikan yg sudah disiapkan, aduk perlahan hingga semua ikan terbalur bumbu dan meresap.Matikan api.
4. Sajikan ikan bumbu kuning bersama nasi hangat dan kerupuk. 

Selamat mencoba.....

Bawal Goreng Sambal Matah


Sambal matah. Ya...dialah yang bikin aku penasraan seperti apa sih rasanya. Ternyata uenaakk...bikin nafsu makan bertambah. Penampilannya sih seperti gak niat ikin sambel ya? hehehe serba dirajang gak pakai diuleg-uleg.  Anak-anak pada tanya...ini sambel apa buk, kok cuma kek gtu aja qiqiqi... dan si ayah juga ikutan kepo. Tapi endingnya pada bilang enaakk.. hanya Arel saja yg no koment, selain karena dia sukanya sambel yg diuleg dan yang mateng
Sambel matah ketemu ikan? wow banget, endess pokoknya. Masih penasaran? cobain aja deh...


BAWAL GORENG SAMBAL MATAH
(bagorsamat)
By. Retno Setiyaning

Bahan:
ikan bawal goreng (kering lebih enak atau sesuai selera)
Bumbu ikan gorengnya sesuai selera masing-masing. Kalo aku biasanya dibumbui garam, ketumbar, bawang putih, dan jare. Haluskan semua bumbu tersebut.

Bahan Sambal Matah:
2 butir bawang putih
8 butir bawang merah
2 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 batang serai, bagian putihnya saja
1/2 sdt terasi bakar
1 sdm air jeruk nipis
garam secukupnya
gula secukupnya
sedikit minyak goreng, dipanaskan

Cara Membuat:
1. Rajang halus semua bumbu di atas. Aduk rata semuanya, beri air jeruk nipis, aduk rata.
2, Tambahkan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Aduk rata. Sajikan bersama ikan bawal yang sudah digoreng. Sajikan hangat-hangat dengan nasi putih.


Selamat mencoba....


Jumat, 16 Oktober 2015

Bawal Oven Pedas Manis


Ceritanya nih si ayah lagi hoki mancingnya jadi dapet bawal gede-gede dan banyak, padahal cuma di sungai lho...
Bosen digoreng ... si auah minta bawalnya dioven saja, oke deh...siap boss. Dan hunting-hunting bumbu akhirnya terciptalah Bawal Oven Pedas Manis.
Rasanya hhmmm enaak, bumbunya meresap, gak pakai gosong-hosong, gak kotor, dan semua suka..., alhamdulillah ya...
Yuuk meluncur ke resep..., tapi mungkin banyak takaran bumbu yang sauannya kira-kira ya...heheh silahkan disesuaikan sendiri dengan selera masing-masing


BAWAL OVEN PEDAS MANIS
By. Retno Setiyaning

Bahan:
4 ekor bawal ukuran sedang atau besar, bersihkan
air jeruk nipis secuupnya
1 batang serai, memarkan
2 mata asam jawa 
1 sdm saus tiram
kecap  manis sesuai selera
100 ml air
minyak goreng untuk menumis
aluminium foil 
wadah tahan panas

Bumbu Halus:
5 butir bawang putih
10 butir bawangmerah
5 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
1 sdm ketumbar
garam secukupnya
1 ruas jahe

Cara Membuat:
1. Lumuri ikan yg sudah dibersihkan dengan air jeruk nipis
2. Haluskan bumbu-bumbu. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, asam jawa, Tambahkan air, kecap manis, saus tiram, aduk rata hingga mendidih. Test rasa, bila kurang manis bisa tambahkan kecap manis dan sedikit gula pasir. Masak hingga meresap. Matikan api. 
3. Siramkan bumbu tersebut ke dalam ikan hingga semua ikan terbalur dengan bumbu, bagian dalam perut ikan juga diberi bumbu. Diamkan kurang lebih 15 menit.
4. Sementara itu kita panaskan oven dan menyiapkan wadah tahan panas, alasi dengan selembar aluminium foil, olesi dengan margarin.
5. Tata ikan di atas wadah tersebut, tutup dengan selembar aluminium foil yg sudah dioles juga dengan margarin bagian dalamnya.
6. Panggang ikan dengan suhu 200 dercel hingga matang, kurleb 30 menit. Keluarkan dari oven, buka alumunium foil penutup, olesi dengan sisa bumbu tadi  dan panggang lagi hingga kecoklatan. 
7. Keluarkan lagi dari oven, balik ikan yg tadinya di bagian bawah menjadi di atas, oles dengan sisa bumbu  dan oven lagi hingga coklat keemasan. 
8. Angkat dan siap sajikan hangat-hangat dengan sambal kecap dan lalapan. Jika masih kurang matang bisa dioven lagi. Cepat lama nya mengoven tergantung besar kecilnya ikan dan suhu panas oven.

Selamat Mencoba...


Selasa, 22 September 2015

Kremesan (ayam, tahu, tempe)

Sepertinya lagi booming kremesan nih setelah beberapa waktu yg lalu booming bolen.  Gapapa  ya kalo yg di booming in makanan yg enak-enak.. hehehe
Kembali ke topik, ayam kremes.  Kali ini sudah aku temukan resep yg cocok di lidahku dan keluargaku tentunya...., hasil dari beberapa referensi ya, hasil trial & eror juga. Beberapa kali bikin kok belum sreg, entah yg terlalu meprul dan hancur bereping-keping, entah yg nggumpal bahkan malah 'mbledos' ketika digoreng, ada juga yg alot setelah dingin. Menjengkelkan bukan.... qiqiqiqi...
Yuk mari aku bagi resepku..., kuncinya harus pakai tepung sagu ya, kalo tepung kanji/tapioka kalo belum mahir kadang suka lengket dan bikin jengkel lagi....

Liatin dulu fotonya ah...biar pada ngiler (iseng banget hehehehe....)



Kalo yang aku buat itu di dalemnya ada tempe sama ayamnya...., keliatan kan?
Untuk ayamnya silahkan diungkep pakai bmbu masing-masing ya..., kalo aku biasanya bawang putih, garam, kunyit, jahe, miri. Kalo mau bikin kremes waktu ngungkep aku tambahin air dikit biar nanti ada kaldu yg dicampurkan ke bahan kremesan. Kalo mau pake tempe, tempe juga diungkep dulu bisa bareng ayam atau disendirikan.

Yuk kita bikin kremesannya....
 
Bahan:
200 gr tepung sagu
1 sdm maizena
2 sdt garam
2 butir kuning telur
600 ml air (campuran air kaldu dengan air atau santan)
-------
1. Campur semua bahan aduk hingga larut rata menggunakan whisk. Test rasa ya...., kalo kurang asin ya tambah garam, kurang gurih bisa ditambah kaldu bubuk
2. Panaskan minyak sampai bener-bener panas. Minyak tidak perlu terlalu banyak, sedengan aja, tapi juga jangan terlalu sedikit.
3. Aduk-aduk adonan. Ambil sesendok sayur (yg agak gede) tuang/kucurkan adonan (agak tinggi ya nuangnya....), biarkan sebentar sampai busanya hilang dan terbentuk lingkaran di pinggirnya. Lipat salah satu sisi ke arah tengah, diikuti lipat sisi kiri dan kanannya. Goreng hingga kuning keemasan dan matang.
4. Kalo mau pake ayam atau tempe atau tahu, dll....sama seperti langkah no 3 tadi...., setelah busanya hilang lipat salah satu sisi ke arah tengah lalu taruh ayam di atasnya dan lipat bagian sisi kiri dan kanan hingga menyelimuti si ayam. Goreng hingga kuning keemasan.

Nah...mudah kan? ayo dicoba pasti ketagihan hehehe....


Rabu, 12 Agustus 2015

Cheese Pie ... ala Dapurnya NafaRel


Ini nih penampakan Cheese Pie nya Dapur NafaRel yang kemarin waktu halbi BKR Yogyakarta aku bawa ke acara, alhamdulillah semua bilang enak, tentu saja yg cheese lover ya....
Rasanya ngeju banget, crunchy di luar lembut di dalam. Adonan kulitnya pakai keju edam jadi membuat kue ini seperti kaastengel. Adonan fillingnya pakai cream cheese lalu atasnya ditburi keju cheedar parut. Hhmmm luar dalam keju... gimana gak tambah endut coba..




Aku bikinnya pakai cetakan ukuran sedang ya..., kalo yg di foto ini ukuran besar. Kemarin sengaja bikin ukuran besar 5 biji untuk kami berempat. Yang ukuran sedang untuk aku bawa ke halal bi halal dan laris manis tak bersisa dan aku pun lupa belum memfotonya. Akhirnya pulang halbi segera tengok kulkas untung masih utuh yg aku sisain tadi, cuma ada satu yg sudah gigitan qiqiqi ikut narsis deh....
Sebelum mengguakan krimciz.... 20 menit sebelumnya sudah aku keluarkan dari kulkas supaya dia sudah cukup lunak ketika dimixer.
Untuk crust nya, kalo gak suka terlalu banyak keju edam, bisa dikurngi menjadi 50 gr keju edamnya.
Nanti ketika dioven adonan filling memang akan mengembang terlihat sexoy, namun ketika sudah dingin dia akan mengempis seperti foto-foto di atas. Jangan panik ya... heheheh..

Resepnya berikut ya..., monggo dicobain aja bikin sendiri...

CHEESE PIE ala Dapur NafaRel
By. Retno Setiyaning

Bahan:
Kulit:
500 gr tepung terigu protein rendah
1 sdt garam halus
4 butir kuning telur
250 gr margarin
50 gr butter
100 gr keju edam parut halus

Filling:
300 gr cream cheese
150 gr gula halus
3 butir kuning telur
50 gr margarin

Keju cheedar parut untuk taburan

Cara Membuat
1. Siapkan cetakan pie ukuran sedang, oles dengan margarin.
2. Kulit: ayak tepung terigu, campur dengan garam halus dan keju parut. Aduk rata. Tambahkan margarin dan butter, aduk dengan metode pastry (aku bilang sistem adonan pasir). Tambahkan kuning telur sambil terus dilanjut mengaduk adonan hingga berbulir-bulir seperti pasir. Lanjutkan dengan tangan hingga dapat dipulung (jangan diuleni ya...) lalu cetak ke dalam cetakan yg sudah disiapkan tadi, tusuk-tusuk dengan garpu supya tidak menggelembung ketika dioven. Oven hingga setengah matang.
3. Filling: Siapkan/keluarkan creamcheese dari kulkas 20 menit sebelum diolah. Campur semua bahan filling dalam satu wadah. Mixer kurang lebih 15 menit hingga lembut dan creamy. Masukkan adonan ke dalam pipping bag.
4. Keluarkan kulit pie dari oven, spuitkan adonan filling dan taburi keju cheedar parut di atsnya. Oven lagi hingga permukaannya kuning keemasan. Keluarkan  dan biarkan tetap dalam cetakan beberapa menit baru dikeluarkan dr cetakan.

Hasil jadi:kurang lebih 50 buah




Kamis, 09 Juli 2015

Classic Spritz Cookies

ahaa... akhirnya bikin ini juga, aku sih gak begitu suka dengan model bunga-bunga klasik ini apalagi rasanya yg begitu-begitu saja..., tapi... demi ibukku tercinta, aku buatkan kue ini. Beliau suka banget degan aneka kue spritz macem dahlia, mawar, dsb..., sekarang ibuku udah gak mampu lagi bikin-bikin kue kering lebaran, udah sepuh. Dulu sih pekerja keras banget ... maksudnya setiap lebaran semua meja tamu yg jumlahnya ada 4-5 (sekarang mejanya tinggal dua, pada dibawain ke anak-anaknya yg sudah menikah) itu isinya kue lebaran buatan beliau juga, belum lagi terima pesenan juga dari temen-temen  gurunya.
Ketika lebaran tlah tiba, banyak saudara keluarga besar (yang memang buanyaaknya se RW) ibukku datang mereka gak cukup icip satu persatu kue kue buatan ibukku, pulangnya mereka pada bawa pulang iqiqiqi.... sama ibukku selalu disediain kantong plastik sekiloan untuk mereka yg mau bawa pulang kue heheheh enak-enak katanya, memang iya sih...aku akui topbgt dah ibukku
Udah dulu ah ceritanya... fokus ke kuenya heheheh...







Kue ini aku bikin pakai resepnya Teh Nenis Yasmincake BKR yang tempo hari beliau posting di fb nya. Kebetulan sekali waktu itu aku juga lagi mo nyari  resep  kue semprit. Alhamdulillah... terima ksih Teh Nenis :-)
Yuuk langsung ke resepnya...


CLASSIC SPRITZ COOKIES 
(Kue Semprit Jadoel) ala Nenis BKR

Bahan A : 
150gr gula halus (kalau kemanisan bisa dikurangi jd 100g)
150gr margarine (aslinya pakai Blue Band. Bisa dimix 100gr margarine Blue Band dan 50gr butter wisjman)
1 butir telur 
1/2 sdt vanilli 

Bahan B 
dicampur dalam 1 wadah : 
250gr tepung terigu 
1/2 sdt baking powder 
** Jika ingin spritz coklat, beri 10gr coklat bubuk, dan terigu kurangi 20gr

Hiasan : 
100g sokade (manisan buah warna warni) atau choco chips atau irisan buah cherry atau kismis atau selai nanas. 

Cara membuat : 
1. Kocok gula halus dan margarine sampai pucat, masukan telur, kocok lagi, masukan vanilli, kocok lagi smp kental. 
2. Masukan bahan B lalu aduk dg sendok kayu smp tercampur rata 
3. Sempritkan diatas loyang yg sudah dioles sedikit margarine atau dialasi kertas silpat, beri jarak...lalu hias dg hiasan, dan panggang disuhu 150 selama 30 menit atau sampai matang.



Selamat mencobaa......



Jumat, 26 Juni 2015

Bangket Susu




Kemarin gak sengaja lihat postingan kue di sebuah grup kuliner di Fb, bilangnya sih kue 3 bahan, nama yg posting  Shaima, semoga gak salah ya. Menarik juga pikirku, dengan 3 bahan saja bisa jadi kue kering cantik dan enak, free gluten... sehat tentunya. Langsung paginya aku ngumpulin bahan dan praktek. Masih dalam bentuk adonan saja sudah terlihat cantiknya...., putih bersih, keset (tidak berminyak), dan ketika dipanggang juga tetep begitu saja bentuknya, tidak mbeleber. Bagian bawah kue juga tetep putih cantik ketika mateng. 
Pengen segera icip gimana rasanya tapi tahan dulu... nunggu adzan maghrib berkumandang hehehe, dan bener saja, begitu adzan minum seseruput es kelapa muda lalu makan sebuah kue ini...hhhmmm rasanya spt sagu keju... enak lah kalo yg suka rasa-rasa seperti itu. Aku bilang enak...rasanya nyusu banget, kalo dikasih keju pasti lebih nendang lagi (dasar... keju lover), ntar namanya ganti jadi Bagket Suju hehehehe...


Tadinya aku taunya juga Kukis 3 Bahan gtu aja...., setelah jadi mateng semua sambil aku masukkan ke toples pikiran ini melayang kemana-mana, kok seperti bangket ya...., apa ini bangket susu ya?...., akhirnya aku browsing di internet eh ternyata iya sama bahan-bahannya, hanya beda takarannya saja. Ada juga yg pakai tepung sagu, tapi yg aku buat ini pakai tepung maizena. Jadilah di blog ini aku tulis namanya Bangket Susu.
Wes apapun namanya... yg penting kue ini bermanfaat untuk teman-teman semua, jadi nambah ariasi bakulan kue keringnya, ato sekedar untuk hantaran ke keluarga dan kerabat ketika lebaran nanti, cantik dan gak malu-maluin kok... beneran, irit lagi bahannya... hihihi ini kan nyg dicari? hayooo ngaku  :D  Aku juga mo bikin banyak buat aku bagi-bagikan ke saudara-saudaraku dan saudara-saudara suamiku.


BANGKET SUSU 
(adapted from Kukis 3 Bahan by Shaima)

Bahan:
200 ml susu kental manis
350 gr maizena
125 gr butter (aku hanya pakai Palmia Royal )
chocco chip secukupnya untuk mempercantik penampilan

Cara Membuat:
Campur semua bahan, aduk dengan spatula lalu dilanjutkan dengan tangan hingga adonan bisa dipulung. Gilas dan cetak (punyaku aku cetak bentuk bunga dan tengahnya aku beri chip balls supaya terlihat cantik).. Panggang hingga matang dg suhu 150 dercel atau sesuai oven masing-masing

--- aslinya dicetak pakai spuit, tapi saya nyerah kalo disuruh tekan2 adonan dg spuit. jadi digilas dan cetak saja biar cepet selesai


lautan white sakura hihihi....
Silahkan dicoba....selamat berkreasi

---


 

Kamis, 25 Juni 2015

Putu Mayang Bihun Jagung

Kemarin dapet jatah ngisi ta'jil untuk di masjid. Bingung banget mo bikin apa yg cepet jadinya dan tidak menguras tenaga tentunya....hehehe tenaganya dihemat maklum lg puasa.
Buka-buka internet banyak banget macemnya dan masih bingung juga milih yg mana. Akhirnya ketemu webnya mb Widya Andrabrown yang sudah tersohor dengan jajanan pasarnya, aneka snacknya, nasi tumpengnya, semua deh ...
Pilihan jatuh pada putu mayang bihun jagung.


Bikinnya ga,mpang banget, dan asti semua orang bisa. Aromanya legit seperti wajik yg pakai gula pasir.
Untuk ta'jil kemarin aku hanya gtu aja (tanpa saus santan)  lalu dipacking mika. Untuk kami sekeluarga aku kasih kuah santan Kenapa begitu?.... karena kami pd gak suka manis, jadi rasa manis si putu ini perlu disamarkan dengan kehadiran kuah santan yg gurih hehehe....


Langsung ke resep ya...

PUTU MAYANG BIHUN JAGUNG
By. Widya Andra

Bahan:
200 gr bihun jagung
220 cc santan kental
150 gr gula pasir
3 sdm tepung tapioka
garam secukupnya
pewarna makanan + pasta jika suka 

Cara Membuat:
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan bihun. Rebus kurleb 3 menit. Angkat, tiriskan lalu siram dengan air dingin, tiriskan lagi dan sisihkan. Jangan lupa bihun dipotong2 ya biar gak kepanjangan.
2. Masak santan, gula, garam, dan pewarna. Masak hingga mendidih, masukkan bihun aduk rata dan tunggu hingga mendidih lagi lalu angkat.
3. Selagi panas taburkan tepung tapioka dan aduk cepat hingga rata.
4. Cetak ke dalam cetakan kecil-kecil, kukus kurang lebih 20-30 menit.

Bahan Saus Santan:
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan tepung beras
2 sendok makan tepung sagu
1/2 sendok teh garam
-------
Rebus semua bahan sampai mendidih. Siap digunakan , tuang sesendok di atas putu mayang yg sudah dingin.

 Selamat mencoba ya....



Sabtu, 02 Mei 2015

Mie Ayam Homemade

Alhamdulillah... masih diberi kenikmatan menyantap mie ayam bersama keluarga tercintah..., mie ayam homemade yang dibuat dengan penuh cinta... #byuh...byuhh...
Entah kenapa akhir2 kemarin pengen banget makan mie ayam, tapi yg gak bikin eneg seperti yang biasa dijual-jual. Akhirnya memtuskan untuk bikn sendiri saja, tapi mie nya gak bikin lho...., beli mie kering yg untuk mie ayam dan bakso lalu direbus sendiri. Hanya ayam dan kuah mie nya yg aku masak sendiri.



Ada yang pengen resepnya?  Tapi takaran bumbunya kira-kira saja ya., maksudnya dikira-kira sendiri hehehe, ini nih yg susah kalo masak- memasak aku biasa pake ilmu kira-kira hehehe..tapi hasilnya alhamdulillah... semua bilang enaaakkk


Yang dibutuhkan: Mie kering, sawi hijau

Bahan untuk ayamnya:
Dada ayam fillet, potong-potong.
Bawang bombay cincang
Bumbu halus (bawang putih, ketumbar, merica, jahe, sedikit kunyit, garam)
Air secukupnya
Kecap manis
Gula jawa
-------
Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bumbu halus dan aduk rata hingga harum. Masukkan ayam dan tambahkan air secukupnya, gula, kecap. Masak hingga ayam matang dan air berkurang, test rasa.

Kuah Mie:
air kaldu ayam
bawang putih, haluskan
garam
daun bawang rajang halus
-----
Masak hingga mendidih, tambahkan daun bawang.

Penyelesaian:
1. Rebus mie hingga matang, tiriskan lalu siram dengan air matang, dan tiriska kembali.
2. Rebus sawi , tiriskan 
3. Taruh mie dalam mangkok, tata sawi di atasnya. Beri ayam dan kuah ayamnya. Tuangi kuah mie yg sudah mendidih. Taburi daun bawang yg dirajang halus. Mie siap disajikan dengan pelengkap berupa saos, sambal, dan kecap.





Kue Cubit

My first cubits cake. haiyyah....    
Iya, ini kue cubit pertamakau, bahkan sebelumnya aku belum pernah lihat ujud nyatanya, apalagi 'rasan' kuenya. Dengan panduan resep dari sajuan sedap aku mencoba bikin kue ini, ternyata enak juga palagi kalo pas anget2. 




Seperti itu jadinya...., semoga bener ya wkwkwkw..., dan aku lagi suka dengan backdrop kayunya ituh..., terlihat natural seperti kayu beneran #modus.
Sudahlah... ayo langsung ke resepnya aja...

KUE CUBIT
sajian sedap

Bahan:
2 butir telur
100 gram gula pasir
120 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan tepung kanji
1/8 sendok teh soda kue
4 sendok makan air
50 gram margarin, dilelehkan
25 gram meises, untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Kocok telur dan gula sampai kental.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung kanji, dan soda kue sambil diayak dan dikocok rata dengan kecepatan rendah.
  3. Tambahkan air dan margarin. Aduk rata.
  4. Panaskan wajan. Atur agar wajan jauh dari api (ganjal dengan kaleng yang dasarnya berlubang). Oleskan margarin. Tuang adonan. Tutup cetakan. Biarkan dengan api sedang. Setelah setengah matang, tabur meises. Kecilkan api. Tutup kembali sampai kue matang. Angkat.
 -------
 Silahkan...selamat mencoba...