Selasa, 25 Februari 2014

Madusari (Cake Singkong Kukus)


Akhirnya... aku temukan formulanya heheh kyak obat aja :-)"
Sudah sejak kurang lebih 3 tahun yang lalu aku mengenal makanan ini, waktu itu aku gak tau apa namanya. Suka banget...sampai hampir setiap hari aku beli. Hanya bisa ditemui di pasar-pasar tradisional di tempat penjual aneka jajan pasar. Pernah dikasih tau sama bakule kalo itu namanya Madusari, tapi waktu aku browsing di gugel gak nemu satupun wkwkwk..., dan baru sekarang aku bisa membuatnya sendiri. senengnya....
Tapi kalo bener-bener persis sih engga juga ya..., setidaknya rasa dan tekstur sudah sangat mendekati aslinya dan bisa dibilang mirip... jiaahh :-))
Malah lebih enak yang ini lho....secara ini buatan sendiri, marut singkong sendiri, bahan-bahannya juga pilihan. Ayo lah..dicoba kalo belum percaya. Kebetulan nih...kemarin ahad dapet oleh-oleh singkong gede-gede tapi bagus dalemnya, masih fresh singkongnya. Makasih ya mbak Atni Dyah oleh-olehnya..., aku suka. Aku sulap jadi seperti ini....jadi ijo begini hehehe....



Yang pengen coba ini ya resepnya...., semoga suka


MADUSARI
(Cake Singkong Kukus)
By. Retno Setiyaning

Bahan:
700 gr singkong parut, peras hingga tiris tapi tidak sampai kering
4 butir telor
200 gr gula pasir halus
1/2 sdt SP
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
65 ml santan kental instan
2 sdm madu
1 sdt pasta pandan
2 tetes pewarna hijau
100 gr margarin cair

Cara Membuat:
1. Panaskan kukusan. Siapkan loyang persegi 20x20x5 cm, olesi dengan minyak, alasi dengan selembar plastik yang foodgrade.
2. Kocok telur, gula, SP, vanili dan garam dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak. Masukkan santan, madu, pasta pandan, dan pewarna hijau. kocok sebentar dengan speed rendah.
3. Masukkan singkong parut, aduk dengan spatula sambil tuangi margarin cair dan aduk balik hingga tercampur rata.
4. Masukkan ke dalam loyang lalu kukus hingga matang kurang lebih 40-45 menit. Tutup kukusan dibungkus serbet ya supaya air tidak menetes. 
5. Angkat, tunggu uapnya hilang lalu keluarkan dari loyang, dinginkan di rak pendingin. Setelah dingin baru dipotong-potong dan siap disajikan. 
---------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar