Minggu, 21 Desember 2014

Donat Klasik

Akhir-akhir ini banyak yg posting donat di FB,  kali ini kepencut lihat donat yg seliweran. Jatuh pilihan pada donat klasik yg belum pernah aku coba. Seringnya aku bikin donat kentang. Ternyata donat klasik ini enak lho..., padat (tidak meleyot) tapi empuk. Mungkin karena penggunaan ragi yg sedikit. Tapi... profingnya lamaa...sampai aku tinggal tidur. Mungkin pengaruh cuaca yg dingin juga kali ya :-D




Topingnya aku pakai DCC dan WCC asal coret saja dengan gaya bebas. Lumayan menarik kan?? qiqiqi... yg penting enak, keluargaku suka.


hmmm... tuh cantik kan? kompak besarnya, lubangnya, kuningnya... hehehe

Resep donat ini aku dapat dari beberaa sumber, hasil browsing di internet.

DONAT KLASIK

Bahan:
500 gr terigu protein tinggi
75 gr gula halus
2 sdt ragi instan
25 gr susu bubuk
2 butir kuning telur
250 ml air es
50 gr margarin
minyak padat untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Campur dan aduk bahan kering, tambakan kuning telur. Mixer atau uleni sambil tuangi air es sedikit demi sedikit. Uleni terus hingga menggumpal atau setengah kalis.
2. Masukkan margarin, uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan, tutup dengan lap lembab atau plastik wrap, istirahatkan kurleb 30 menit.
3. Kempiskan adonan, poton-potong dan timbang @35 gr, bulatkan dan tata di atas loyang yg sudah ditaburi terigu, jangan lupa atur jarak. Tutup dengan selembar plastik dan biarkan mengembang 2x lipat.
4. Ketika sudah setengah profing lubangi tengahnya dengan pangkal spuit, tutup lagi dengan plastik dan biarkan mengembang sempurna.
5. Goreng dengan minyak padat yg sudah dipanasi. Goreng dengan api kecil hingga kuning keemasan. Jangan terlalu sering dibolak balik supaya tdk banyak meresap minyak. Cukup dibalik sekali saja.
6. Bila sudah dingin bisa diberi toping sesuai selera.

-------------

Sisa dari 'ngeplong' donat bisa digoreng begitu saja, taburi dengan gula donat. Jdilah Bola-bola Donat, anak-anak pasti suka ...




Selamat Mencoba...



1 komentar:

  1. Bisa g mbak.. menggoreng donat tanpa memakai minyak padat? Krn yg ada hanya minyak biasa... Mau mencoba resepnya hehe...

    BalasHapus