Selasa, 30 September 2014

Aneka Roti Manis

Alhamdulillah....tambah satu lagi property bakingku, oven gas yang aku harap akan banyak membantu.
Sudah beberapa hari sih dia nongkrong di dapur,  sudah dipanasi tapi belum diuji coba. Dan baru sekarang ada kesempatan mencoba property baru .Hasilnya...alhamdulillah 'nyenengke' rotiku kuning merata, cantik.
Aneka roti manis menjadi pilihanku. hihihi bukan aneka ya ..lah cuma 3 macam saja kok. Tapi gapapa lah...
 Satu adonan roti aku bikin 3 bentuk.
Oke yuuk mari dilihat apa aja bentuknya hehehe

Sweet Cheese






Caterpillar






Ensaymada




--------------------------------------------------------------------------

Resep mana resep....??? 
hwaaa resep menyusul nih, abisnya kemarin baru asik posting mendadak listrik padam. Yuuk mari disimak, sebenarnya sama aja resepnya spt biasanya aku bikin roti.
Uppss....step by step pict nya ga ada, lupa gak dibkin..., tapi gapapa ya semoga gak bingung hanya dengan penjelasan.

Roti Manis Dapur NafaRel
By. Retno Setiyaning

Bahan:
475 gr terigu protein tinggi
11 gr ragi instan
100 gr gula pasir halus
30 gr susu bubuk fullkrim
2 butir kuning telur
250 ml air dingin
100 gr magarin atau mentega

TangZhong:
25 gr terigu + 125 ml air,aduk rata dengan wishk lalu panaskan hingga mulai mengental dan terlihat dasar panci nya. Matikan api, diamkan hingga hangat suam-suam kuku , atau hingga dingin

Filling:
Cokelat filling
Keju cheedar parut
Gula pasir
(untuk filing bisa sesuai selera maasing-masing ya bisa selai nanas, selai kacang hijau, selai kacang merah dsb).

Olesan:
1 butir kuning telur + susu cair, aduk rata. (takarannya, aku biasa 1:1)

Cara Membuat:
1. Campur dan aduk rata terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk. Tambahkan telur dan adonan tangzhong. Mixer /uleni sambil tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni hingga setengah kalis.
2. Masukkan mentega atau margarin, sambil terus diuleni/dimixer hingga kalis elastis. Bentuk bulat dan istirahatkan kurang lebih 15 menit, tegantung cuaca.
3. Kempiskan  adonan, potong-potong mengunakan pisau dan timbang masing-masing 45 gr., bentuk bulat dan siap dibentuk sesuai selera masing-masing.
4. Setelah semua selesai dibentuk, istirahatkan lagi sampai mengembang 2x lipat. Olesi dg bahan olesan, lalu panggang dg suhu 160 dercel selama 15-20 menit. Angkat, panas-panas olesi dengan buter/mentega. Dinginkan di atas cooling rak.
-----

Bentuk Caterpillar
Ambil satu bagian adonan yg sudah ditimbang, gilas hingga bulat tipis,  beri keju cheedar di  salah satu pinggir, buat kerat-kerat di bagian yg kosong, lalugulung dimulai dari bagian yg ada isiannya. Tata di loyang dan beri  choco cips untuk membentuk mata.
Bentuk Sweet Cheese
Ambil satu bagian adonan, pipihkan lalu isi dengan keju parut dan sedikit gula,atau boleh juga diisi dengan cokelat filling. Bentuk bulat lagi, letakkan dan gilas perlahan dengan roling pin, tapi jngan sampai terlalu gepeng. Buat kerat-kerat di pinggir dengan menggunakan pisau.Beri almond atau wijen di tengah2nya hingga menyerupai bunga.
Ensaymada
Ambil satu bagian adonan, gilas tipis memanjang. Gulung memanjang lalu lingkarkan dan tata di loyang kecil diameter 8 cm (loyang mangkok).

----




Tidak ada komentar:

Posting Komentar