Sabtu, 18 Januari 2014

Tuna Macaroni Panggang

Musin hujan,tiap hari hujan...bawaannya pengen ngemil sesuatu yang lezzato dan specialo ..jiaaah..
Pas buka fb kok ketemu sama Cheesy Tuna Macaroni-nya mbak Isna Sutanto. Jadilah...jatuhhati akudengan makanan satu ini, keliatannya cocok disantap dimusim penghujan.
Akhirnya buru-buru mengumpulkan semua bahan..hehe padahal cuma kurang satu bahan yaitu tuna kaleng. Pagi-pagi abis nganter sekolah anak-anak dan dalam guyuran hujan pula.., mampir ke Hero supermarket  deket rumah. Niat banget ya..., niat mau ngemil wkwkwk...
Yeayy aku temukan si tuna, sekalian beli susu cair...stock di rumah tinggal satu kotak. Sampai di rumah beneran langsung krusak-krusek racik ini itu untuk bikin makanan satu ini.
Resepnya aku lihat di blognya mbak Isna tapi sudah ada banyak modifikasi...antara lain aku tambahin jagung manis kesukaan anak-anak, juga aku tambahin putih telur yg sdh direbus dan dipotong kecil-kecil.




Dari satu resep yang aku buat ini menghasilkan macaroni panggang yg lumayan banyak, 10 cup alufoil ukuran 7x7 cm dan 1 cup alufoil size L.. Meskipun begitu tidak sia-sia aku buat makanan ini, karena lezatnya...cepet juga ludesnya, sampai merem melek maemnya. Beberapa aku kasihkan ke anak tetangga temen mainnya Nafal, eh..langsung ditanya harga dan mau pesen. Katanya enaak..bener-bener lezat. hehe alhamdulillah...
Berikut ini resep setelah aku modifikasi. Resep asli bisa dilihat di sini

TUNA MACARONI PANGGANG
By. Retno Setiyaning

Bahan:
225 gr macaroni elbow, rebus hingga empuk
550 ml susu cair UHT
100 gr tepung terigu serbaguna
4 butir telur, kocok lepas
100 gr keju cheedar parut
130 gr tuna in oil kalengan
50 gr wortel parut kasar
75 gr jagung manis kalengan
100 gr putih telur rebus, potong dadu kecil-kecil
1 buah bawang bombay,cincang
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
2 sdt kaldu bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
2 sdm margarin untuk menumis
keju parut untuk taburan
oregano untuk taburan

Cara Membuat:
1. Tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan wortel dan jagung manis, aduk rata. Masukan tepung terigu, aduk rata sampai berbutir halus. Tuang susu cair sambil teus diaduk, masak hingga kental.
2. Masukkan keju, garam, merica, kaldu bubuk, bawang putih bubuk. Aduk rata lalu masukkan tuna, macaroni, dan putih telur rebus. Aduk rata lalu matikan api.
3. Masukkan telur kocok, aduk hingga benar-benar tercampur rata. Tuang ke dalam cup-cup alufoil atau pinggan tahan panas yang sudah dioles margarin. Taburi atasnya dengan keju parut dan oregano.Panggang dengan cara au bain marie hingga permukaan kuning kecoklatan. 
4. Angkat, setelah hangat atau dingin sajikan dengan saus sambal.

---------


Tips:
Ketika merebus macaroni beri 1 sdm minyak goreng ke dalam air rebusan supaya macaroi tidak lengket.

Berikut bahan-bahan yang aku pakai.....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar