Selasa, 21 Januari 2014

Bakpia Kacang Hijau




Bakpia...siapa yang tidak kenal bakpia...makanan/oleh-oleh khas Yogyakarta. Sebagai pecinta kuliner yang udah lebih dari 15 tahun tinggal di Jogja rasanya kok belum lengkap kalo belum bisa bikin bakpia.
Kebetulan ada challenge di grup yang baru aku ikuti,temanya Jajanan Pasar Tradisional Indonesia. Memberanikan diri membuat bakpia untuk disetorkan ke grup Your Kitchen My Kitchen. Alhamdulillah berhasil...senengnya luar biasa, meskipun bentuknya masih belum serapi seperti buatan pabrik bakpia.. Aku langsung suka dan cocok dengan tekstur kulitnya yang lembut tapi muprul, tidak keras atau alot..


Resep aku ambil dari resep bakpianya mbak Diah Didi. Tapi namanya juga beda tangan beda pula hasilnya...hehe..sik penting jadi dan uenaakk....menurutku dan menurut krucil-krcilku lho...hehe...
Aku kasih nama bakpia kacang hijau karena isinya kumbu kacang hijau. Kalo isinya kacang merah ya namanya bakpia kacang merah. Tidak aku kasih nama Bakpia Pathuk karena bakpia pathuk sendiri sudah macem-macem versinya...


BAKPIA KACANG HIJAU
Recipe by Diah Didi

Bahan:
Kulit I
125gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
100 ml air
50 ml mnyak sayur

Kulit II
65 gr tepung terigu protein sedang
25 ml minyak sayur
1/2 sdt magarin

150 ml minyak sayur untuk merendam adonan

Cara Membuat:
1. Kulit II. Campur semua bahan, aduk rata, bulatkan. Sisihkan.
2. Kulit I. Panaskan air (cukup ampai panas saja), masukkan gula,aduk sampai larut. Campur terigu dan garam, tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
3. Tuangi 50 ml minyak sayur (sedikit demi sedikit) lalu uleni hingga kalis.
4. Ambil adonan seberat kurleb 5-10 gr, tipiskan adonan. Ambil sedikit adonan kulit II, ratakan pada permukaan adonan sampai rata. Lipat seperti melipat amplop, bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
5. Rendam bulatan-bulatan adonan tadi ke daam minyak sayur, 15 menit (jangan lebih waktu merendamnya supaya kulit tidak terlalu reyah).
6. Ambil satu bulatan, pipihkan agak tipis. Isi dengan kumbu kacang hijau, lalu lipat seperti amplop, bentuk bulat pipih. Panggang sampai matang kurleb 15 menit, keluarkandari oven lalu balik semua akpia dan panggang lagi hingga matang.


KumbuKacang Hijau:
250gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam
200 gr gula pasir
1/4 sdt garam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
2 lbr daun pandan, dibuat simpul
1/2 sdt vanila susu
-----
Kukus kacang hijau selama 30 menit lalu dihaluskan. Masak bersama bahan-bahan yang lainnya, aduk-aduk hingga kering. Dinginkan




-----



1 komentar:

  1. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    BalasHapus