Jumat, 20 September 2013

Bubur Candil Tabur Jagung


Ceritanya kemarin waktu bikin es pisang ijo aku pakai rresep yg tepung beras dimasak dengan santan, dibungkus daun pisang dan dikukus. Eh...ternyata oh ternyata kok adonan tepung berasnya kacau gtu...tdk sesuai dengan yg ditulis di resep. Boro-boro meletup-letup waktu dimasak, diaduk aja gak bisa. wah...piye iki?? hehe... 
Akhirnya aku hentikan, aku cuekin dulu. Setelah selesai bikin es pisang ijo dengan metode dadar gulung, sudah menikmati enaknya juga... sorenya baru aku pikirkan gimana cara memanfaatkan adonan yg gagal tadi. Kubuat saja bubur candil. Dibulat-bulat sebesar kelereng. Buburnya aku pakai resep saus santan es pisang ijo tapi takaran tepung berasnya aku tambahin dikit. Traraaa.... hasilnya sedaaappp, seger dimaem dalam keadaan dingin.


BUBUR CANDIL TABUR JAGUNG
By. Retno Setiyaning

Bahan:
Candil:
100 gr tepung beras
175 ml santan hangat
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt air kapur sirih
25 gr gula pasir
pasta pandan secukupnya
--------
Campur santan, air kapur sirih, dan pasta pandan, aduk rata, Tuang sediit demi sedikit ke dalam tepung, gula dan garam. Aduk rata, uleni hingga kalis. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng. sisihkan.

Bubur:
1000 ml santan
  70gr tepung beras
  150gr gula pasir
1 sdt garam
1/2 kaleng jagung manis
  2 lembar daun pandan, cabik-cabik lalu buat simpul
--------
Aduk rata semua bahan lalu rebus sambil diaduk-aduk hingga mendidih, meletup-letup. Masukkan butiran-butiran candil yg sudah dibuat tadi. Biarkan mendidih terus hingga candil terapung (tampak naik ke atas/tdk tenggelam). Matikan api, biarkan hangat.
Sajikan dengan santan kental yg dituang di atasnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar