Senin, 15 Juli 2013

Vegetables Sus


Sus ini hanya modifikasi dari resep sus biasanya, resep turunan dari ibukku. Tercipta vegetables sus karena dalam rangka cari akal supaya krucil-krucilku ada asupan sayuran. Susyahnya....mereka kalo disuruh makan sayur. ayam lagi....ayam lagi..., telor lagi..telor lagi... sampe si Arel kulitnya gatel-gatel kalo kebanyakan telor.


Anak-anak paling suka dengan sus buatanku, bahkan baru kulitnya saja (blm ada isinya mereka udah lahap. Sus ini kemarin aku beri isian mayonaise campur SKM lalu aku isi abon sapi. Hmmm..yummy, sensasi asa baru di dunia sus hahaha... (ups, tapi gak sempat difoto krn udah keburu maghrib, waktunya berbuka puasa). Langsung ludess...dess..


VEGETABLES SUS
By. Retno Setiyaning

Bahan:
 250 ml air
100 gr mentega
150 gr tepung terigu (Cakra)
1 sdt garam
4 butir telor
3 batang daun seledri yg segar, iris tipis/halus
1 buah wortel ukuran sedang, kupas dan serut dg parutan keju

Bahan Isi:
4 sdm mayonais
4 sdm SKM putih
abon sapi atau ayam secukupnya (kurleb 100 gr)

Cara Membuat:
1. Rebus air, garam dan mentega sampai mendidih, masukkan tepung aduk sampai licin. Matikan api dan dinginkan.
2. Masukkan irisan seledri dan wortel, tambahkan telor. Aduk sebentar menggunakan mikser hingga rata.
3. Msukkan adonan ke dalam pipping bag yg besar, lubangi ujungnya. Spuitkan adonan di atas loyang yg sudah dioles mentega. Oven hingga kuning kecoklatan/matang.
4. Campur mayonais dan SKM. Ambil sebuah kulit sus, iris sedikit pada bagian pinggirnya dg menggunakan pisau. Isi dengan 1 sdt adonan mayonais, ratakan. Lalu isi lagi dengan abon.
5. Sajikan


Tips.
** Waktu memanggang sus sebaiknya oven jangan sekali-kali di buka hingga sus bener-bener sudah set/kokoh, ciri2nya sudah tidak ada buih kecil-kecil di badan sus (kira-kira 25 menit pertama). Kalo nekat dibuka....sus akan 'ngambek' dan kempes.

** Untuk isian bisa diganti dengan apa saja, sesuai selera. Bisa diisi vla vanila, bisa diisi ragout, bisa juga diisi mayonais dan sosis atau daging asap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar