Minggu, 23 Desember 2012

Bread

Hari ini aku bikin satu resep roti jadi 2 model, Caterpillar Bread dan Flos Bread.
masih penasaran dengan cara ngebentuk caterpillar ini. kemarin2 sudah pernah sih....tapi masih gak rapi. yah...ini juga belum rapi banget tapi setidaknya sudah lebih bagus dari yg kemarin :-)
Begitu udah jadi .... antara seneng dan sedih. Sedihku karena teringat bapak yg suka banget dg roti-roti berasa gurih ini. coba aku dari dulu sudah menyukai dunia baking pasti aku udah bisa bikin beginian utk bapak,  hmm... sudahlah  *keep smile*  :-)



 Caterpillar bread

Mini Flos Bread

nyam....nyam...untuk teman ngeteh :-)

Resep dasarnya aku dapat dari NCC, selanjutnya aku modif sendiri untuk bentuk dan penampilannya. Inilah yang selalu aku jadikan andalan, hasilnya enak...lembut....dan mudah juga buatnya. rasanya juga tidak terlalu manis, pas kalo menurutku.... 
Kali ini aku tambahkan wortel yg diserut halus, supaya lebih bervitamin ketika dikonsumsi krucil-krucilku. hehe...harus kreatif ya kalo bikin makanan utk anak-anak.

Resep dasar roti.

Bahan: 
500 gr terigu Cakra
3 kuning telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instan (1 sachet), biasanya fermipan atau saf instan
250 ml air dingin
100 gr mentega
1/2 sdt bread improver

Aku tambahkan 1 buah wortel yang kecil. diserut halus pake parutan keju. Kalo air dari wortel banyak, air yg diatas tadi dikurangi saja jadi 200ml.
- sosis
- keju chedar parut
- mayonais
- saos sambal

Cara membuatnya: 
  1. Campur terigu, gula, susu bubuk, ragi, dan wortel serut. aduk-aduk sampe tercampur rata. Tambahkan kuning telur dan tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis.  Tambahkan mentega sambil terus diuleni hingga kalis. (kalo ga kuat nguleni pake tangan, bisa juga pake mixer. pakai garpu mixer yg ulir/spiral). 
  2. Tutup adonan denga plastik wrap atau lap lembab. Biarkan adonan ngembang hingga 2x lipat. kurleb 30 menit.
  3. Kempiskan adonan. bagi menjadi beberapa dipotong menggunakan pisau. timbang @50gr lalu digilas dengan menggunakan roll pin hingga membentuk lembaran. Lalu taruh 1 buah sosis di atasnya. tangkupkan adonan, lalu dikerat-kerat dan dibentuklah dengan cara  seperti pada gambar di bawah. (qiqiqi.....susah njelasinnya :-P) 
  4. Setelah terbentuk caterpillar, olesi atasnya dengan saus sambal, mayonais, dan taburi keju parut. untuk menambah cantik penampilannya bisa taruh atsnya dengan daun bawang yg diiris haluss, atau bisa juga pake parsley cincang. 
  5. Tata di atas loyang dengan diberi jarak yg cukup. Istirahatkan adonan sebelum dioven. kurleb 15 menit.
  6. Oven hingga kuning kecoklatan. panas-panas olesi dengan mentega.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar