Jumat, 21 Desember 2012

Apam dot-dot

cemilan satu ini katanya berasal dari negara tetangga. semacam bolu kukus yg pake cup lalu atasnya dibuat gambar sesuai selera. biasa disebut apam dot-dot karena pada umumnya bermotif polkadot. begitu yg aku tau... :-)
Resepnya aku dapat dari pemberian mbak Noor Hidayatus sekalius dapat tantangan utk bikin kue ini.
sebenarnya udah 2x aku bikin tapi pada ngakak semua. secara..apam kan ga boleh ngakak hehe..
usut punya usut tanya-tanya dan baca-baca...ternyata apinya harus kecil. oooo.... :-O
jadi....ini apamku yg ketiga tapi yg petama berhasil. masih belum sempurna juga karena cupnya kedodoran. kirain bisa naik ngembang...ternyata cuma nyemplux saja. tapi ga bantat lho..tetep lembut


begini nih.....

APAM
 resep by. Noor Hidayatus
 dimodifikasi by me.

Bahan :
270 gr Tepung terigu (aku pake 250gr)
2 sdt baking powder (aku pake 1/2sdt)
220 gr gula pasir (aku pake 200gr)
3 btr telor
1 sdt emulsifier
150 ml susu cair
selei,durian,atau coklat utk isian.

Cara buatnya :
Panaskan kukusan terlebih dahulu
1. Ayak tepung terigu+baking powder.sisihkan.
2. Kocok telor+gula pasir+emulsifier hinnga mengembang.
3. Masukkan terigu bergantian dg susu cair aduk kecepatan rendah..
4. Bagi adonan menjadi beberapa wadah dan beri pewarna
5. sendokkan separuk cup adonan ke dlm cetakan bolu kukus yg
dialasi cup.beri isian sesuai selera kmd tutup bengan adonan hinnga 2/3 cup.
6. bentuk dan warnai adonan sesuai selera.
7. kukus apam selama 10-15 menit.Kukus dengan api kecil ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar