Rabu, 10 Desember 2014

Turtle Blueberry (Challenge #7 YKMK 2014 "Aneka Kreasi Roti")



Roti lagii..., kali ini aku buat untuk ikut serta di Challenge YKMK "Aneka Kreasi Roti". Sebenarnya sudah seminggu yang lalu aku bikin rotinya, tapi karena kesibukan jadi baru sekarang aku posting di blog, di jam jam terakhir challenge ditutup. Semoga masih bisa diterima ya...

 
Ketentuan challenge...tida boleh menggunakan keju dan cokelat. Aku putuskan pake bluebery filling. Bentukya unik ya...tapi lucu menurutku. Temenku bilang seperti cangkang kura-kura, jadi ak beri nama Tutle Bluebery qiqiqiqi.... , tadinya bingung ini roti mo dikasih nama apa??
Resep adonan roti seperti yg biasa aku pakai dengan metode tangzhong, untuk toppingnya pake adonan topping melon pan aku ambil dari Sajian Sedap.
Jadi begitu ceritanya.... :-D


TURTLE BLUEBERRY
By. Retno Setiyaning

Bahan:
475 gr terigu protein tinggi
100 gr gula halus
11 gr ragi instan
20 gr susu bubuk fullkrim
2 butir kuning telur
150 ml susu cair UHT
  100gr margarin
Tangzhong (25 gr terigu + 125 ml air, aduk rata lalu panaskan sambil diaduk hingga mulai kental saja)

 Bahan Topping:
50 gram gula palem + 50 gram gula pasir
100 gram unsalted butter biarkan suhu ruang
100 gram tepung terigu protein sedang
50 ml susu evaporated untuk olesan

Filling:
Blueberry filling/selai blueberry

Cara Membuat:
Topping: Campur unsalted butter dengan gula palem + gula pasir. Kocok hingga lembut. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata. Gilas adonan hingga tipis 1/2 cm. Dinginkan dalam lemari es. Keluarkan. Potong dengan ring cutter diameter 5 cm. Biarkan suhu ruang.
1. Campur dan aduk rata terigu, gula halus, ragi instan, susu bubuk. Tambahkan kuning telur dan tangzhong. Uleni sambil dituangi susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga setengah kalis.
2. Masukkan margarin, terus uleni hingga kalis elastis. Bentuk bulat lalu tutup dengan plastik wrap atau kain lembab. Istirahatkan kurleb 15 menit.
3. Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk menghilankan gelembung-gelembung udara. Potong-potong @45gr lalu bulatkan. Diamkan selama 15 menit.
5.Ambil satu  bulatan, tutup dengan adonan topping. Tata di atas loyang jangan lupa beri jarak. Diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang 2x lipat. Olesi dengan susu evaporated. lalu panggang sampai matang dengan suhu 170-180 dercel (tergntung oven masing-masing)
6. Bila sudah matang dan dingin, ambil sebuah roti, belah dengan menggunakan pisau bergerigi, tapi jangan sampai terpotong atau putus ya..., Bagian alas/bawah roti diberi olesan bluebery filing lalu tangkupkan. Dan bagian bekas belahan tadi berada di bawah/sebagai alas. Semoga tidak bingung ya....maaf kemarin gak sempet foto step by stepnya.

 --------
Selamat Mencoba dan Selamat Berkreasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar