Senin, 06 Oktober 2014

Roll Cake Keju


Aku jatuh cintaaa.....,baru kali ini bikin rollcake sukses mulus tidak sedikitpun ada kulit yg terkelupas atau lengket. Memang ya....ada harga ada rupa. Lagi-lagi ini dalam rangka berkenalan dg propertyy baru, partner bakingku. Alhamdulillah...hasilnya bikin senyam-senyum sendiri, gemess...hehehe lebay ah.
Dulu...sewaktu pake otang, bikin rollcake gak pernah ada yg cantuk, selalu lengket, kulit ngelupas, atau pecah sewaktu digulung. Jadi dari dulu lebih memilih jalur kukus utk bikin rollcake. Sekaang... jadi menyenangkan kegiatan ngroll cake :-))


Awalnya gegara mbak Uut yang membuat aku mimpi-mimpi  yang bener-bener membuat gak tenang tidurku. Menantangku bikin roll cake, sampai terbawa mimpi hehehe..., ketika terbangun oh ternyata cuma mimpi. Tidur lagi mimpi bikin roll cake lagi....begitu seterusnya sampai subuh.  Akhinya siang aku niat banget bikin roll cake. Kebetulan semua bahan ada. 
Aku pakai resepnya mbak Dida Rachmadiah yang aku dapat dari blognya mbak Nien Ing, Umek di Dapur.
Cuma aku bikin polos, hanya motif luar saja, dan filingnya aku pakkai butterkrim dan keju cheedar parut.
Memang bener-bener enak resep ini, lembuutt, haluuss, bener-bener pas mantab rasanya. Si ayah aja suka banget, katanya..."kok bisa lembut dan enak gini ya? gak seperti kalo beli". hehe alhamdulillah....makasih mbak Dida & mbak Nien resepnya top markotop :-D



ROLL CAKE
Recipe by Dida Rachmadiah

Bahan:
75 gr tepung terigu (protein rendah)
15 gr maizena
10 gr susu bubuk
6 butir telur 
100 gr gula pasir
1/4 sdt vanili (optional)
1 sdm cake emulsifier
20 ml susu cair
125 gr margarin/butter, lelehkan
sedikit pasta cokelat untuk membuat motif

Filing:
butterkrim, keju cheedar parut

Cara Membuat:
1. Siapkan 1 buah loyang ukuran 30x30x3cm. Olesi dengan margarin, beri kertas roti, lalu oles lagi dengan margarin. Panaskan oven di suhu 200 dercel.
2. Campur dan ayak tepung terigu, maizena, susu bubuk. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula, dan vanili hingga berbusa, tambahkan emulsifier dan kocok terus hingga kental.
4. Kecilkan speednya, masukkan campuran tepung yg sudah diayak, tambahkan susu cair. naikkan lagi speednya kocok hingga kental berjejak.
5. Kecilkan speed ke paling rendah, masukkan mentega leleh sedikit demi sedikit hingga tecampur. Matikan mixer. InsyaAlloh kalo adonan sudah kental berjejak pencampuran mentega leleh dg cara dimixer tidak akan membuat cadonan mengendap, asal menteganya sudah dingin ya...
6. Ambil 2 sendok makan adonan, beri cokelat pasta, masukkan ke dalam pipping bag, sisihkan  nanti untuk membuat motif.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan dan hentakkan dimeja untuk mengeluarkan udara yang terperangkap. Beri motif permukaannya menggunakan adonan yg sudah disiapkan tadi.
8. Panggang selama 15 menit hingga permukaannya kecoklatan.
9. Balikkan kue di atas selembar kertas roti, lalu balikkan di atas rak pendingin (posisi permukaan di atas), biarkan hingga bener-bener dingin.
10. Balikkan lagi di atas kertas roti yang lebarnya melebihi lebar kue, oles dengan butterkrim, taburi kejuparut, ;lalu gulung yang rapat. Biarkan di dalam kertas beberapa saat hingga gulungan benar-benar sudah set. Siap dihidangkan...




-------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar