Minggu, 28 September 2014

Donat Bamboo

Alhamdulillah...kembali posting di blog. Akhirnya...





Donat Bamboo....hhmm kenapa namanya bamboo?? 
Jadi begini ceritanya, aku dapet inspirasi donat ini  dari toko kue Bambu. Dan....ketika mempraktekkan membuat sendiri aku gak punya alat utk melubangi yg seukuran itu. Akhirnya lari pada sebatang bambu kuning, potong seperlunya, cuci bersih, keringkan lalu siap dikaryakan. Tapi sekarang bisa juga pake pangkal spuit hihihi..
Resep donatnya aku pakai resep Donat Softbread, tapi aku kurangi telurnya, aku pakai 2 butir kuning telur saja. Silahkan yang mau mencobanya..

Donat Bamboo
By. Retno Setiyaning

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi (Terigu Cakra Premium)
50 gr gula
100 gr mentega
11 gr ragi instant
2 btr kuning telor
300 ml air es ( sisakan yang 100 ml)
½ sdt garam
Pelengkap:
white chocolat  seperlunya, dilelehkan
seai kaya atau selai kaya pandan

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata.
2. Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
3. Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
4. Timbang adonan masing-masing 40 gr, bentuk bulat, tata dalam loyang dan diberi jarak.
5. Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali lipat, lalu goreng hingga matang.

6. Setelah dingin tekan  tengahnya dengan menggunakan bambu atau ring cutter jika punya. Seperti pict berikut ini...

7. Celupkan pada white chocoate yg sudah dilelehkan, spuitkan selai kaya di tengah2nya.
--------------------



-----Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalau adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit




Tidak ada komentar:

Posting Komentar