Selasa, 23 Juli 2013

Cireng

Siapa yg gak kenal cireng??  pasti gak pernah gaul hehe...cz jajanan ini banyak sekali dijumpai dimana-mana, biasanya yg jual cowok/abang-abang.
Cireng atau singkatan dari 'aci digoreng' ini terbuat dari tepung kanji yg dibumbui bawang puth, merica, dan garam. Kalo mau istmewa lagi bisa ditambahin ebi, ikan fillet yg dihaluskan, atau ayam giiling.

Kalo cirengku ini bumbunya aku tambahin ebi. Adonannya aku kasih daging asap yg diiris kecil-kecil atau dicincang, kebetulandi kulkas ada sisa 2 lembar dagsap abis bikin risol mayo seminggu yg lalu :-))". Makannya sambil dicocolin ke saos/sambel kacang seperti makan siomay, tapi yg ini lebih encer.


Resepnya aku dapat dari adekku yg dulu pernah jualan siomay. sebenarnya itu resep siomay tapi aku utak-atik sendiri. Hasilnya...mirip lho dengan cireng yg pernah kubeli di depan kampus hehe..


CIRENG (aci digoreng)
By. Retno Setiyaning

Bahan:
250 gr tepung sagu/ kanji
250 gr tepung terigu
1 batang daun bawang diiris halus, ambil bagian hijaunya saja.
2 lembar daging asap dicincang atau dipotong kecil-kecil
3 buah bawang putih
1 sdt garam 
1/2 sdt merica
2 sdt ebi
2 sdt kaldu bubuk
370 ml air

Cara Membuat:
1. Campur hingga rata tepung terigu dan tepung sagu. Tambahkan irisan daun bawang, aduk rata.
2. Halukan bawang putih, garam, merica, dan ebi. Dalam panci kecil masukkan air dan bumbu halus tersebut, tambahkan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih.
3. Panas-panas masukkan air kaldu ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk (kalo takut kepanasan ngaduknya pake centong atau sendok kayu). Aduk hingga kalis dan bisa dipulung.

4. Ambil adonan dengan cara 'nyuwil' (haduwh...bahasa apa ini ya?), tidak perlu dibentuk. Tapi kalo mau dibentuk yg lain juga boleh....suka-suka ya...

begini nih..calon cireng buatanku
5. Goreng hingga matang/kuning keemasan. Sajikan dengan saos/sambal kacang plus kecap dan saos cabai. Sajikan selagi hangat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar