Jumat, 26 April 2013

Roti Tawar

Udah lama pengen banget bisa bikin roti tawar sendiri. tapi baru sekarang terlaksana, sekalian cobain loyang baru khusus utk roti tawar persegi.
Hasilnya enaakk, lembut, gurihnya pas. Tapi sayanng over bake hehehe...
ceitanya, sambil nunggu si roti mateng aku tiduran sambil nonton TV, secara aku buatnya jam 3 pagi jadi masih berasa tuh sisa-sisa ngantuknya, akhirnya tanpa sadar tertidurlah aku, tau-tau udah satu jam aku ngoven itu roti wkwkwk.....
Buru-buru kubuka oven, matikan api, kukeluarkan loyang yg berisi roti tawar itu, dan harap-harap cemas kubuka tutup loyangnya,,,,, ci ...lub..baaa... hwaaaa agak kebablasan warna kulitnya :-D untungnya gak sampai terasa pahit. Masih tetep enaak hehe///


Resepnya aku ambil dari sajian sedap dengan sedikkit modifikasi. air es kuganti denggan susu cair dingin. Kali ini cuma aku buat setengah resep saja dengan loyang ukuran 20x10x10cm.


ROTI TAWAR
By. Retno Setiyaning


Bahan: 
250 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra)
1 1/8 sdt ragi instan 
20 gram gula pasir 
20 gram susu bubuk 
175 ml susu cair dingin
25 gram mentega (bisa juga pakai mentega putih)
1/2 sdt garam

Cara Membuat :
1.Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
2. Tuang susu sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. susu bisa tdk terpakai semua, tergantung kondisi tepung.
3. Masukkan mentega  dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit, tutup dengan plastik wrap atau lap lembab. Kempiskan adonan. 
4. Bagi menjadi 4 bagian sama beratnya. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
5. Giling tipis memanjang. Gulung sambil dipadatkan dan ditekan. Giling lagi panjang dan gulung.
6. Letakkan di loyang roti tawar yang ada tutupnya ukuran 20x10x10 cm yang dioles mentega  Oles juga tutupnya dengan mentega .
7. Tutup dengan plastik wrap. Diamkan kurleb 90 menit sampai mengembang hingga bagian atas tersisa ruang 1 cm. Tutup loyangnya.
8. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang. Atau menyesuaikan oven masing-masing
Untuk 1 loyang
Selamat Mencoba


Oiya.... ini nih penampakan loyangnya. siapa tau aja masih ada temen-temen yg belum pernah lihat seperti apa sih loyang roti tawar itu??  :-)"




2 komentar:

  1. Mb eno..thanx infonya,tau ga,hobby mb eno sm ky hobby ku,cm aq blm bnyak terealisasi trus msh amatir gitu deh,jd aq hrs bnyak blajar tmasuk dr mb eno jg..jgn marah ya kl aq nanya2..ana wisnu 15

    BalasHapus
  2. Heii.... Ana, makasih ya kunjungannya :-)
    silahkan kalo mau tanya-tanya, aku gak akan marah. aku malah seneng bisa berbagi ilmu...

    BalasHapus