Jumat, 15 Maret 2013

Japanese Cheese Cake with Bekatul Jagung (corn brand)

Ide cake dengan bahan katul jagung ini muncul dari pemikiran my hubby. abisnya....di rumah lagi melimpah ruah katul jagung, masa sih....si ayam bangkok terus yg menikmatinya padahal kalo dimasak jadi makanan yg layak makan utk manusia dan banyak mengandung zat2 yg dibutuhkan tubuh manusia juga


----- Yang tembem itu baru saja keluar dari oven. 

Kemarin cake nya pecah-pecah/retak bagian permukaannya. itu karena api yg kugunakan terlalu besar. sebaiknya api kecil saja biar permukaannya tetap mulus. tapi....oh tapi.....kemarin aku gak sabar pengen tahu hasilnya seperti apa jadi kubesarkan sedikit apinya hehehehe.....#gak sabaran
but...rasa tetep oke. jadi meskipun retak tidak berpengaruh pada rasa, hanya penampilannya saja yg beda..

tuh....cantik kan?? hehe....

Resep dasarnya masih menggunakan resep JCC yg dulu pertama kali buat. bedanya cuma pada bekatul jagung. Yuuuk.....silahkan yang mau resepnya...



CORN BRAND (katul jagung)  CHEESE CAKE
by. Retno Setiyaning


Bahan:
250 gr cream cheese suhu ruang
100 ml fresh cream (whipkrim cair) suhu ruang
40 ml susu cair UHT
60 gr butter
50 gr terigu protein sedang atau rendah
50 gr katul jagung
-----  campur dan ayak 
5 kuning telur
1 sdm parutan kulit jeruk sunkist
5 putih telur
150 gr gula pasir halus
1 sdm air jeruk sunkist
air panas untuk au bain marie.
Cara Membuat:
1. Panaskan oven. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm. alasi dengan kertas roti lalu olesi mentega. bagian sisi loyang tdk perlu dioles mentega. Sisihkan.
2. Campur jadi satu menggunakan panci kecil.... cream cheese, fresh krim, dan butter. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga rata dan lembut. Matikan api.
3. Masukkan campuran terigu dan katul jagung, aduk rata sampai benar-benar halus dan tidak bergerindil.  Diamkan hingga hangat.
4. Masukkan kuning telur dan aduk hingga benar-benar tercampur rata. Masukkan parutan kulit jeruk, aduk rata. Jaga supaya adonan tetap hangat-hangat kuku.
5. Kocok putih telur dan air jeruk sunkist dengan kecepatan rendah. Masukkan gula pasir sedikit demisedikit secara bertahap. sambil terus dikocok hingga soft peak.
6. Ambil 1/3 bagian adonan putel, campurkan ke adonan cheese. Aduk balik.
7. Masukkan adonan tersebut ke daam sisa adonan putel. Aduk balik hingga rata.
8. Tuang ke dalam loyang yg sudah disiapkan. Letakkan ke dalam loyang yg sudah diberi air panas (memanggang secara au bain marie).
9. Oven hingga matang (kurleb 90-100 menit), permukaan kue kuning keemasan. bila perlu lakukan test tusuk dan tes sentuh.
10. Keluarkan dari oven. Diamkan sesaat hingga bagian pinggiran kue sudah menjauh dari dinding loyang. Keluarkan dari loyang, dinginkan. Bisa dihias atau disajikan begitu saja.
 
 
Silahkan....... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar