Rabu, 02 Januari 2013

Nagasari Pandan Isi Keju

yeyy,,,,,, nagasari varian baru :-D
Ceritanya kemarin waktu hujan seharian, dari pagi bersih-bersih rumah sampe lum sempat ke warung atau pasar utk membeli persediaan makanan. Baru terasa lelah dan perut juga pengen diisi dg makanan selingan (sebenarnya mulut ya....yg pengen beraktifitas hehe). lihat isi kulkas adanya daun pisang sama santan Kara. Buka-buka lemari dapur adanya tepung beras, tepung maixena, dan whipkrim bubuk. Langsung kepikiran dijadikan nagasari saja, tapi mau diisi apa?? ga punya pisang satu pun.ah...diisi keju saja lah. kebetulan ada sedikit sisa keju kemarin bikin risol mayo. Biar keliatan ada keju didalamnya...kujadikan adonan nagasari versi pandan. ijo..... :-)




Resepnya aku dapat dari ibu-ibu di desa hehe....sambil aku modifikasi sendiri tentunya.secara...mereka kan biasanya bikin dalam porsi besar dan tanpa takaran alias 'kobrak-kabruk' qiqiqi....dikira-kira saja.

Nagasari Pandan Isi Keju
by. Retno Setiyaning

Bahan:
250 gr tepung beras
2 sdm tepung maizena (aslinya sih tepung kanji)
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan
900 ml santan (200 ml santan kara + 700 ml air)
2 sdm pasta pandan
keju cheedar  potong kotak panjang
------
daun pisang untuk membungkus, disobek selebar yg dibutuhkan, bersihkan.

Cara Membuat:
- Larutkan tepung dengan sedikit santan. sisihkan.
- Didihkan sisa santan bersama gula, garam, daun pandan, dan pasta pandan. aduk-aduk.
- Masukkan larutan tepung sambil terus diaduk. Matikan api.
- Panaskan kukusan. sementar itu kita bungkus adonan nagasari dg daun pisang.
- Ambil sesendok penuh adonan, taruh di atas selembar daun, selipkan keju ke dalam adonan. Gulung daun pisang lalu lipat kedua ujung sisa daun ke bagian belakang.  begitu seterusnya lakukan hingga terbungkus semua. tata di atas kukusan.
- Kukus selama kurleb 20 menit.

***
Semakin dingin semakin enak dimakan. kemarin ada sisa beberap aku simpan di kulkas. esoknya aku makan hhmm....semakin enak, lebih padat, lebih terasa gurihnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar