Minggu, 13 April 2014

Super Fudgy Brownies

Ahaaa.... akhirnya 'kelakon' juga bikin brownies satu ini. Dari dulu mau bikin masih ragu-ragu karena pasti gak ada  yang nemenin makan...
Kebetulan tadi pagi beres-beres lemari 'gudang bahan kue', aku temukan chocolate milk 250gr masih utuh, dan hampir pingsan tuh cokelat... akhirnya aku berdayakan sekalian. Di kulkas ada almond slice, ada punes oleh-oleh dari Qatar, juga ada sedikit mete, tinggal dicincang lalu dsangrai sebentar.
Jadilah hari ini makan brownies yummy sendiri. Biar lagi bete yang penting 'ngunyah' wkwkwk ^_^

Super Fudgy Brownies.
Crispy outside, fudgy and chewy inside.
Shiny crust...



Oiya lupa..., aku bikin brownies ini tanpa cokelat bubuk lho..., kenapa begitu? Ya karea akku lagi kehabisan stock cokelat bubuk. Udah dihabiskan beberapa hari yg lalu untuk bikin brownis panggang juga. Yang ini jadinya malah engga pahit, rasa cokelatnya bener-bener hanya dari chocolate milk dan dark chocolate.250 gr cokelat blok yang aku pakai dalam satu resep super fudgy brownies ini.

Resep berikut ini...

SUPER FUDGY BROWNIES
ala Retno Dapurnya Nafarel

Bahan:
150 gr milk cooking chocolate, cincang
100 gr dark cooking choclate, cincang
(boleh dark cooking chocolate semua)
100 gr margarin
25 gr butter
1 sachet SKM cokelat
150 gr gula pasir halus
3 butir telur ukuran besar
150 gr terigu protein sedang
1/2 sdt BP
100 gr mete cincang, sangrai
Cokelat couvertur secukupnya, potong kecil-kecil (bisa disekip)

Untuk Taburan:
Almond slice secukupnya
Chocochips secukupnya
Prunes secukupnya (bisa diganti kismis)

Cara Membuat:
1. Panaskan oven kurang lebih 160 dercel. Siapkan loyang 20x20x4 cm atau loyang 30x10 cm. Olesi margarin lalu alasi dengan kertas roti hingga ke sisi-sisinya. Lebihi kertas kurang lebih 2cm untuk mengangkat kue dari loyang.
2. Lelehkan margarin dan butter (cukup meleleh saja, jangan sampai mendidih), matikan api. Masukkan  dark chocolate dan milk chocolate yg sudah dicincang. Aduk-aduk hingga cokelat larut. Tambahkann SKM. Sisihkan.
3. Ayak terigu dan BP. Campur dengan mete cincang. Sisihkan.
4. Kocok telur dan gula menggunakan whisk, hingga larut. Masukkan tepung terigu dan BP yang sudah diayak, aduk baliik menggunakan spatula. Masukkan adonan cokelat dan margarin, aduk hingga tercampur rata tapi jangan terlalu lama mengaduknya.
5. Tuang setengah bagian adonan ke dalam loyang, taburi dengan cokelat couvetur potong. Tuang lagi sisa adonan semuanya. Tata prune di atasnya, taburi chococips dan almond slice. Oven hingga matang. Test tusuk menggunakan tusuk sate, dan test sentuh.
6. Keluarkan dar oven lalu diamkan bownies di dalam loyang hingga bener-bener dingin. Keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat lebihan kertas. 
------------





Tidak ada komentar:

Posting Komentar