Senin, 03 Maret 2014

Roti Pisang Keju Spesial

Roti...oh roti...., Roti again. 
Yups....kami terutama aku adalah penggemar berat roti. Hampir setiap hari membuat roti.
Roti pisang ini ceritanya gara-gara mbak Uut Muthmainnah tanya-tanya lalu disambung dg postingan fotonya, dan tidak lama kemudian aku lihat postngan di grup yang begitu menggiurkan....,entah aku lupa itu punya siapa. Nah dari situlah muncullah keinginan pengen buat sendiri roti pisang yang spesial, dibuat dengan hati, memakai bahan-bahan yang spesial menurutku, nguleninnya juga sampai kalis elastis.
Dan benar saja....rotiku enaaakkk tenan, serat rotinya lembut seperti kapas. Si Ayah bilang, "hhhmmm enak banget, siapa ya yang masak? kok enak banget..." hehehe....jadi tersanjung seketika. Untung gak sampai tersandung. 




Setelah dapet pisang raja yang matang pohon (sengaja ke pasar untuk beli pisang) sampai di umahlangsung eksekusi. Buka-buka kulkas ternyata udah ga punya stock susu cair, adanya fresh krim dairy. yasudahlah pakai itu saja tapi aku campur dengan air 1:1 karena fresh kim ini terlalu kental.
Mau resepnya??? Cekidot....


ROTI PISANG KEJU SPESIAL
By. Retno Setiyaning

Bahan:
475 gr terigu protein tinggi
100 gr gula halus
11 gr ragi instan
20 gr susu bubuk fullkrim
2 butir kuning telur
150 ml susu cair UHT (aku pakai 75 ml fresh krim + 75 ml air putih)
75 gr margarin
Keju cheedar parut utuk taburan
Tangzhong (25 gr terigu + 125 ml air, aduk rata lalu panaskan sambil diaduk hingga mulai kental saja)

Filing/Isi:
10 buah pisang raja, belah menjadi dua.
100 gr keju cheedar parut

Olesan:
50 ml feshkrim + 1 sdt madu ---> diaduk rata
Butter untuk olesan ketika sudah matang

Cara Membuat:
1. Panaskan oven, tata pisang yang sudah dibelah tadi pada loyang yang sudah dioles margarin. Panggang hingga matang.


2. Campur dan aduk rata terigu, gula halus, ragi instan, susu bubuk. Tambahkan kuning telur dan tangzhong. Uleni sambil dituangi susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga setengah kalis.
3. Masukkan margarin, terus uleni hingga kalis elastis. Bentuk bulat lalu tutup dengan plastik wrap atau kain lembab. Istirahatkan kurleb 15 menit.
4. Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk menghilankan gelembung-gelembung udara. Potong-potong @50gr lalu bulatkan
5. Ambil sebuah bulatan, gilas memanjang dengan rolingpin. Taruh pisang dan keju parut di salah satu ujung, kerat-kerat ujung yang lainnya dengan menggunakan pisau. Gulung dimulai dari ujung yang telah diberi pisang. Lakukan hingga adonan habis. Tata di loyang yang sudah dioles margarin. Istirahatkan hingga mengembang 2x lipat.
6. Olesi dengan bahan olesan dan taburi keju parut. Panggang hingga matang. keluarkan dari oven dan olesi atasnya dengan butter. Dinginkan di rak pendingin.


------


1 komentar:

  1. sy sdh coba resepnya.. rotinya empuuuk thx resepnya mbak..

    BalasHapus