Selasa, 01 Januari 2013

Browkus (brownies kukus) Gulung

Rasanya kok bosen terlalu sering bikin browkus dimakan seperti itu-itu saja, padahal browkus merupakan salah satu cemilan favoritku. iseng-iseng pikiran kok jadi usil pengen memperlakukan browkus dg cara yg tidak seperti biasanya. aku jadikan saja browkus gulung. dikukus dengan menggunakan loyang tipis lalu setelah matang aku gulung panas-panas.




Satu resep kujadikan dua loyang (30x30x3), yang satu diberi filing selai bluebery, satunya lagi kuisi butterkrim yang sudah dikocok dengan ditambahin cheese krim. Yang isi krim ini masih aku jadikan dua gulung, besar dan kecil. hehe....iseng banget ya... (biar jadi macem-macem varian :-P)

Resepnya dulu dapet dari mbak Ellen (La Cokelat). sebenarnya dulu ini resep browkus keju. tapi aku rubah-rubah sendiri. keju kuganti DCC, susu bubuk kuganti cokelat bubuk. Jadilah ini resepnya...

BROWNIES KUKUS (original)
by. Retno Setiyaning

Bahan:
250 gula pasir
8 butir telur
1 sdm emulsifier
160 gr terigu
1/2 sdt baking powder
50 gr cokelat bubuk (aku biasa pake VH)
150 gr dark cooking chocolate
100 gr margarin leleh
100 ml minyak sayur

Cara Membuat:
1. Panaskan klakat/kukusan. Siapkan 2 buah loyang dan alasi dengan kertas roti.
2. Lelehkan DCC dengan cara ditim. sisihkan.
3. Campur dan ayak tepung terigu dengan baking powder dan cokelat bubuk. sisihkan.
4. Kocok telur dan gula hingga berbusa, lalu masukkan emulsifer sambil terus dikocok dg kecepatan tinggi hingga mengembang dan kental berjejak.
5. Masukkan bahan kering, aduk. 
6. Masukkan DCC lleleh, margarin cair, dan minyak. aduk balik hingga tercampur rata.
7. Bagi menjadi dua bagian sambil langsung menuangkan ke loyang. Caranya..., ambil satu sendok sayur adonan tuang di loyang pertama, lalu ambil sesendok adonan lagi tuang di loyang kedua, begitu seterusnya hingga habis. jadi tidak perlu kuatir sudah sama atau belum dalam membaginya.
8. Kukus selama kurleb 20 menit dengan api sedang.

Penyelesaian: setelah matang lalu balikkan di atas selembar kertas roti yang agak lebar. ketika masih panas-panasnya diberi filling selai lalu segera digulung dan biarkan hingga dingin.
Kalo mau diberi filling krim, selagi panas brownis digulung tanpa isian, lalu biarkan hingga dingin. setelah dingin buka gulungan lalu diberi krim dan digulung lagi.

--selamat mencoba--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar